28 Jan 2013

RKA


7.  RENCANA KEPENGAWASAN AKADEMIK
(RKA)

 


A.  ASPEK SUPERVISI/ PENGAWASAN
- Standar Proses
- Bukti Pelaksanaan Pembelajaran

B.  TUJUAN
Mengetahui bukti pelaksanaan pembelajaran semua guru.

C.  INDIKATOR KEBERHASILAN
Semua guru membuat dan memiliki bukti pelaksanaan pembelajaran.

D.  STRATEGI/METODE KERJA
1.   Observasi
2.   Wawancara
3.   Dokumentasi

E.   SKENARIO SUPERVISI/PENGAWASAN
1.   Pendahuluan
a.   Menyiapkan administrasi supervisi
b.   Menentukan waktu kunjungan ke madrasah/RABATA
2.   Observasi Aspek yang disupervisi
a.   Jurnal mengajar guru.
b.   Daftar nilai haria dan hasil analisisnya
c.   Perbaikan dan pengayaan beserta hasilnya.
3.   Langkah Akhir
a.   Memberi bimbingan dan pembinaan
b.   Merencanakan tindak lanjut

F.   SUMBER DAYA YANG DIPERLUKAN
1.   Guru mata pelajaran
2.   Waka
3.   Kepala Marasah/ RABATA

G.  PENILAIAN DAN PENGAWASAN
Memakai instrumen pengawasan dan penilaian terlampir.

H.  RENCANA TINDAK LANJUT
Mengadakan supervisi lanjutan dan pembinaan secara terencana.


Mengetahui,
Ketua Pokjawas PAI Kab. Trenggalek




Drs. H. M U DA I R I
NIP. 195504121979031003
Trenggalek, _______________
Pengawas PAI




YUMNAN ABADI, S.Ag. MSI.
NIP. 197208231999031001


INSTRUMEN PENILAIAN
BUKTI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (STANDAR PROSES)

Nama Guru                          :  _______________________________________________
Nama Satuan Pendidikan    :  _______________________________________________
NSM dan NPSN                  :  _______________________________________________
Status Jenjang Akreditasi    :  _______________________________________________
Hari/Tanggal Penilaian         :  _______________________________________________
 


Petunjuk
Berikanlah skor pada butir-butir pertanyaan/pernyataan dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1 2 3 4) dengan kriteri sebagai berikut:

KRITERIA SKOR
KRITERIA NILAI AKHIR
0
=
Tidak ada/tidak memenuhi standar


0
=
Sangat tidak baik
1
=
Kurang memenuhi standar
01
-
50
=
Tidak baik
2
=
Agak memenuhi standar
51
-
69
=
Kurang baik
3
=
Hampir memenuhi standar
70
-
85
=
Baik
4
=
Memenuhi standar
86
-
100
=
Sangat baik

NO
ASPEK YANG DINILAI
SKOR
1.
Jurnal mengajar Guru mata pelajaran/ Guru kelas
0
1
2
3
4
2.
Daftar nilai ulangan harian tiap mata pelajaran
0
1
2
3
4
3.
Analisis hasil ulangan harian tiap mata pelajaran.
0
1
2
3
4
4.
Program dan Hasil perbaikan.
0
1
2
3
4
5.
Program dan hasil pengayaan.
0
1
2
3
4
6.
SK Penetapan Beban Kerja mengajar dari kepala Madrasah
0
1
2
3
4
7.
Jadwal pelajaran tiap semester
0
1
2
3
4
8.
Hasil supervise kunjungan kelas dari Kepala Madrasah
0
1
2
3
4

Jumlah Skor yang diperoleh







Nilai Akhir
=
Jumlah Skor yang diperoleh
x
100
=

x
100
=

Jumlah Skor maksimum
36



Kepala Madrasah




_________________________
NIP……………………………
Trenggalek, .........................
Pengawas PAI




YUMNAN ABADI, S.Ag. MSI.
NIP. 197208231999031001













INSTRUMEN PENILAIAN
BUKTI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (STANDAR PROSES)

Nama Guru                          :  _______________________________________________
Nama Satuan Pendidikan    :  _______________________________________________
NSM dan NPSN                  :  _______________________________________________
Status Jenjang Akreditasi    :  _______________________________________________
Hari/Tanggal Penilaian         :  _______________________________________________
 


Petunjuk
Berikanlah skor pada butir-butir pertanyaan/pernyataan dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1 2 3 4) dengan kriteri sebagai berikut:

KRITERIA SKOR
KRITERIA NILAI AKHIR
0
=
Tidak ada/tidak memenuhi standar


0
=
Sangat tidak baik
1
=
Kurang memenuhi standar
01
-
50
=
Tidak baik
2
=
Agak memenuhi standar
51
-
69
=
Kurang baik
3
=
Hampir memenuhi standar
70
-
85
=
Baik
4
=
Memenuhi standar
86
-
100
=
Sangat baik

NO
ASPEK YANG DINILAI
SKOR
1.
Jurnal mengajar  Guru kelas
0
1
2
3
4
2.
Daftar nilai ulangan harian
0
1
2
3
4
3.
Analisis hasil ulangan harian tiap mata pelajaran.
0
1
2
3
4
4.
Program dan Hasil perbaikan.
0
1
2
3
4
5.
Program dan hasil pengayaan.
0
1
2
3
4
6.
SK Penetapan Beban Kerja mengajar dari kepala Madrasah
0
1
2
3
4
7.
Jadwal pelajaran tiap semester
0
1
2
3
4
8.
Hasil supervise kunjungan kelas dari Kepala Madrasah
0
1
2
3
4

Jumlah Skor yang diperoleh







Nilai Akhir
=
Jumlah Skor yang diperoleh
x
100
=

x
100
=

Jumlah Skor maksimum
36



Kepala Madrasah




_________________________
NP…………………………….
Trenggalek, .........................
Pengawas PAI




YUMNAN ABADI, S.Ag. MSI.
NIP. 197208231999031001











 
Lisence by Mohib Asrori | Copright | 2013